Journal article
PERBANDINGAN NILAI SATURATION FLOW ANTARA METODE TIME SLICE DENGAN PENDEKATAN DPU 1997
I NYOMAN WIDANA NEGARA PUTU KWINTARYANA IG. Arya Satria Bandesa Wibawa
Volume : 7 Nomor : 2 Published : 2019, July
Jurnal Spektran
Abstrak
PERBANDINGAN NILAI SATURATION FLOW TERLINDUNG ANTARA PENDEKATAN TIME SLICE DANGAN DPU 1997 (STUDI KASUS: PERSIMPANGAN JALAN KEBO IWA SELATAN – JALAN GATOT SUBROTO BARAT) Nyoman Widana Negara 1, Putu Kwintaryana 2, I Gede Arya Satria Bandesa Wibawa 3. 1,2Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Udayana 3Alumni Program Studi Teknik Sipil, Universitas Udayana E-mail: widananegara24@gamial.com Abstrak: Arus jenuh merupakan faktor utama dalam tahap perencanaan, perancangan dan evaluasi pada persimpangan yang dikendalikan dengan traffic signal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui arus jenuh nyata pada persimpangan yang dikendalikan dengan traffic light. Data arus lalu lintas dan jumlah penduduk diperoleh dari instansi terkait dan geometrik persimpangan, aspek lampu lalu lintas dan hambatan samping, dilakukan survai secara manual. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan perbandingan (comparative analysis) antara arus jenuh dari hasil pengamatan lapangan dengan pendekatan Time Slice dengan pendekatan DPU (1997). Penelitian arus jenuh menggunakan 2 (dua) Perlakuan yaitu Perlakuan-1) arus jenuh di ukur berdasarkan lajur pada pendekat dan 2) arus jenuh di ukur berdasarkan lebar total pendekat. Hasil analisis memperlihatkan bahwa arus jenuh berdasarkan pengamatan dengan metode Time Slice sebesar 3.856 smp/jam relative sama dengan pendekatan DPU (1997) sebesar 3.855 smp/jam baik pada Perlakuan-1 dan Perlakuan-2 Kata Kunci: Arus Jenuh, Time Slice, DPU (1997) COMPARISON OF PROTECTED SATURATION FLOW VALUES BETWEEN TIME SLICE APPROACH AND DPU 1997 (CASE STUDY: KEBO IWA SELATAN STREET - GATOT SUBROTO BARAT STREET JUNCTION) Abstract: Saturated current is a major factor in the planning, design and evaluation stages at traffic signal controlled intersections. The purpose of this study was to determine the real saturation flow at traffic light controlled intersections. The traffic flows and populations data obtained from relevant agencies and intersection geometric, traffic light aspects and side obstacles, manually surveyed. The research design uses a comparative analysis between saturated flows from the results of field observations using the Time Slice approach with the DPU approach (1997). Saturated current research uses 2 (two) treatments, namely treatment-1) saturated current is measured based on the lane on the approach and 2) saturated current is measured based on the total width of the approach. The results of the analysis show that the saturation flow were based on observations with the Time Slice method of 3,856 pcu / hour relative to the DPU approach (1997) of 3,855 pcu / hour both on Treatment-1 and on Treatment-2 Keywords: Saturation flow, Time Slice, DPU (1997)